2 Tahun Sekdes Tidak Terima Gaji

Labuan Bajo, Suara Flrores — Belakangan ini semua Sekretaris Desa (Sekdes) di Kabupaten Manggarai Barat angkat bicara, mereka mempertanyakan gaji selama 2 tahun tidak pernah terima, mulai tahun 2007 sampai dengan tahun 2008. Padahal Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPMT) mulai Januari tahun 2007, pengangkatan pertama sudah berdasarkan SK Bupati Manggarai Barat, tapi sayang sekali kecerobohan atau kelalaian dari seseorang membuat orang lain untuk berbuat jahat ataupun mencuri. Begitu juga selanjutnya kelalaian aparat negara yang terkait dapat membuka peluang bagi pejabat lain untuk berbuat korupsi. Inilah persoalan yang seringkali menyebabkan terjadinya kejahatan yang tidak direncanakan, tetapi dapat terjadi karena adanya kesempatan. Akibat perbuatan dari orang yang tidak bertanggung jawab ini, akirnya semua Sekdes angkat bicara, dan mereka menduga Pemkab Mabar tukang mencuri.

Salah seorang Sekdes yang enggan disebutkan namanya kepada media ini beberapa waktu lalu di Labuan Bajo, mengatakan, sejak Sekdes pengangkatan pertama Januari tahun 2007 sampai dengan 2008 kami tidak pernah terima gaji, tahun 2009 baru kami terima gaji, pertanyaannya sekarang dimanakah gaji kami mulai tahun 2007 sampai dengan tahun 2008, padahal kami mulai melaksanakan tugas januari 2007, jangan sampai gaji kami selama 2 tahun di pakai oleh kandidat calon Bupati untuk biaya kampanye, ini yang harus dipertanyakan. “Gaji kami selama 2 tahun itu dimana? Kok bisa hilang begitu saja, siapakah biang keroknya persoalan ini? Jangan sampai ada setan yang bergentayangan saat kampanye, diduga mencuri uang tersebut”, ungkap Sekdes tersebut dengan nada kecewa.

Terkait dengan persoalan ini, Sekdes tersebut berharap, kepada Bupati dan Wakil Bupati Mabar, agar gaji kami selama 2 tahun segera dicairkan. uang gaji kami selama 2 tahun itu dimana, jangan sampai uang itu sudah digelapkan oleh orang-orang tertentu, apa dasar hukumnya kami selama 2 tahun tidak terima gaji, kami punya hak sekarang untuk menuntut uang tersebut, jangan sampai uang tersebut sudah terpakai untuk biaya kampanye saat pilkada lalu. Kalau persoalan ini nanti tidak segera diatasi oleh Bupati dan Wakil Bupati, rencananya dalam waktu dekat kami semua Sekdes se-Kabupaten Mabar melakukan aksi protes di Kantor Bupati, cepat atau lambat kami tetap melakukan demo damai dihadapan Bupati Dula, dan Wakil Bupati Maximus Gasa, kata Sekdes tersebut.

Sementara itu Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula, saat dikonfirmasi media ini di ruang kerjanya, terkait dengan gaji sekdes selama 2 tahun tidak terima, ia mengatakan, dirinya baru tahu mengenai persoalan tersebut. “Dalam waktu dekat saya akan periksa bagian keuangan, saya belum tahu persis apa sebabnya gaji Sekdes selama 2 tahun itu tidak dibayar, saya akan telusuri persoalan tersebut, kita periksa bagian keuangan, yang saya kesal juga Sekdes itu selama ini tidak pernah ngomong, dan paling tidak dibagian keuangan ada data-data pengeluaran gaji Sekdes, kalau nanti ketahuan sudah cair, uang itu dikemanakan, ini sangat berbahaya sekali, kita akan tuntaskan persoalan ini.” (Dedy/ Ricky)

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s