Perlu Sinergitas Sukseskan UN 2011

Kupang, Suara Flores — Demi menjamin dan meningkatkan prosentase kelulusan yang tinggi dan menjaga tingkatan kelulusan yang berkulitas, maka diperlukan sinergitas dari semua pihak yang berhubungan dengan pendidikan. Perlu kerja keras dan mempersiapkan berbagai langkah untuk menyuksesakan Ujian Nasional (UN) 2011.

Dinas Pendidikan Pemudah dan Olaraga (PPO) Propinsi NTT menyadari kondisi ini dan mempersiapkan secara baik langkah-langkah untuk menyukseskan UN 2011. Saat ini Dinas PPO menyiapkan satuan tugas yang terdiri dari akamedisi, guru senior dan orang dengan kompetensi yang memadai diberbagai bidang yang disebut Relawan Ujian Nasional. Hal ini di sampaikan Kepala Dinas PPO Propinsi NTT, Ir. Thobias Uly, M.Si pada wartawan di ruang kerjanya, belum lama ini.

Lebih lanjut dijelaskan Uly, tim relawan ujian nasional yang berjumlah sekitar 100 orang ini siap 24 jam, kalau ada sekolah yang membutuhkan bantuan mereka, maka mereka siap terjun langsung ke sekolah tersebut. Oleh karena itu, Uly meminta bagi sekolah di kabupaten/ kota melaui Dinas PPO setempat terus berkoordinasi dan membangun sinergitas dengan tim ini untuk mendapat bimbingan dari tim relawan yang ada, tandas  Uly.

Pada bagian lain penjelasannya, Uly juga menjelaskan bahwa peserta ujian nasional di NTT tahun 2011 mencapai 236.946 orang. Jumlah ini meningkat 9,08 persen atau 19.717 orang peserta dari tahun sebelumnya yang mencapai 217.247 orang. Jumlah yang ada belum rampung semuanya. Untuk tingkat SMA hampir rampung, sedangkan untuk SMP dan SD belum rampung karena masih ada beberapa kabupaten yang belum memasukan data. Namun secara umum data yang ada tinggal disesuikan dengan data yang masuk, karena sudah dikompilasikan dengan data penerima dana BOS, sehingga nanti tinggal penyesuaian saja,terang Uly.

 

NCIPS Sint Piter Optimis 100 Persen

Terkait persiapan UN 2011, Nusa Cendana Internasional Plus School (NCIPS) Sint Piter yang merupakan sebuah lembaga pendidikan berstandar internasional, optimis menghadapi UN pada tahun ini. Optimisme ini karena didukung oleh program belajar yang lengkap dan selalu siap mengaplikasi berbagai kemajuan, identifikasi kemampuan anak untuk setiap mata pelajaran. Hal ini disampaikan Direktur Pendidikan NCIPS Sint Piter, Drs John Manulangga,MPd  saat ditemui diruang kerjanya belum lama ini.

Lebih lanjut dijelaskannya, untuk  persiapan UN, setiap  anak didik dipersiapkan dengan latihan soal, juga di lakukan grouping learning dengan pertimbangan untuk anak yang yang punya kemampuan berbeda bisa saling melengkapi. Untuk menentukan grouping learning ini sebelumnya dilakukan semacam assessment, sehingga akan ditentukan grouping yang terdiri dari anak-anak dengan kemampuan yang berbeda untuk saling melengkapi, ujar Manulangga.

NCIPS Sint Piter juga sangat konsen dengan kegiatan ekstra kurikuler, hal ini di maksudkan untuk memberdayakan kreatifitas anak didik. Kegiataan ektrakuriler ini sangat penting untuk membentuk perkembangan otak kanan, yang membuat anak didik menjadi self confidence (meningkatkan kepercayan diri), tandas Manulangga.

Lebih jauh dijelaskan NCIPS Sint Piter dalam mempersiapkan anak didiknya dengan mengacu pada 4 tujuan yakni anak didik mempunyai kemampuan logical, ethical, aesthetical, dan practical. Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, yang beretika moral dan berbudi pekerti luhur, mempunyai tenggang rasa dan kepedulian sosial serta sehat jasmaniah, tandas Manulangga. +++JK+++

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s